Almukadam, Idon (2019) Pengaruh penilaian autentik terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1411040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1411040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB)
BAB II _1411040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (336kB)
BAB III _1411040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
BAB IV _1411040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (610kB)
BAB V _1411040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
DAFTAR PUSTAKA _1411040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
Abstract
Penilaian Autentik merupakan penilaian yang ada dalam kurikulum 2013 penilaian ini adalah penilaian yang menitik beratkan tiga aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian ini dilakukan selama proses pembelajaran dari mulai masuk hingga akhir pembelajaran. Prestasi Belajar ini merupakan salah satu dari hasil pembelajaran yang mana didapat dalam proses pembelajaran selama akhir pembelajaran, prestasi belajar biasanya dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh penilaian autentik terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penilaian autentik di SMA Negeri 4 Pangkalpinang dan untuk mengukur seberapa besar pengaruh penilaian autentik terhadap prestasi belajar peserta didik
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan statistik parametrik, metode regresi linear sederhada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan 4 alternatif jawaban pada variabel peniaian autentik (X) dan untuk variabel (Y) peneliti menggunakan teknik dokumentasi yang diambil dari nilai rapot atau nilai akhir semester. Dari data yang telah dikumpulkan selanjutnya akan di analisis menggunakan bantuan program SPSS 22
Hasil yang diperoleh dari penelitian pengaruh penilaian autentik terhadap prestasi belajar peserta didik pendidikan agama islam kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Pangkalpinang, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis menunjukan bawa nilai Thitung > Ttabel pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan angka 2.299 > 1.667, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan besar pengaruh antara variabel X dan Y sebesar 7,2% dengan melihat tabel R Square (koefisien determinasi) 0,72% X 100 =7,2% dan sisanya 93,8% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian disimpulkan bahwa tedapat pengaruh yang rendah antara penilaian autentik dengan prestasi belajar peserta didik. Adapun bentuk persamaan regresi sesuai dengan yang diperoleh pada tabel Coefficientsa diperoleh nilai konstanta 77.703 dan nilai koefisien b1 (penilaian autentik) sebesar 0,162, maka bentuk persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 77.703 + 0,162
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penilaian Autentik; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:29 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:29 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/250 |