Ramadhan, Muhammad Fauzan Qinthar (2024) Implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti di kelas x SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_ 1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (630kB) | Request a copy
BAB II_1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (969kB) | Request a copy
BAB III_ 1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (417kB) | Request a copy
BAB IV_1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (785kB) | Request a copy
BAB V_1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1711104.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (560kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Untuk mengatasi berbagai permasalahan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 4 gurunya dituntut memiliki kompetensi yang tinggi dan profesional di bidangnya, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajarnya, harus menggunakan sumber belajar dan pengelolaan kelas yang inovatif, variatif, dan kreatif serta menggunakan teori pembelajaran yang tepat. Selain itu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan kemampuan dan keterampilan seorang guru dalam mengelola pembelajaran, baik itu berupa strategi, model, gaya, ataupun mengkombinasikan metode pembelajaran agar efektif dan tujuannya tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X SMA Negeri 4 Pangkalpinang.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode menganalisnya deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan tahapan analisis data melalui mereduksi data, display data, memverifikasi/ mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 4 Pangkalpinang dapat dinilai dari metode mengajar, kurikulum yang digunakan, telah dijalankan dengan tepat dan benar oleh semua guru sebagai tenaga pendidik. Secara keseluruhan hasilnya telah baik. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti guru harus memiliki kreativitas, inovatif dan lebih variatif lagi dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga bisa memudahkan dalam proses pembelajaran, siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat serta bisa menambah dan meningkatkan wawasan baru bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi metode mind mapping; hasil belajar siswa; pelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Muhammad Fauzan Qinthar Ramadhan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:25 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2477 |