Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Upaya pendidik dalam meningkatkan motivasi peserta didik mengikuti program tadarus Al-Qur'an kelas VII di MTs An-Najah Payabenua Kecamatan Mendo Barat

Sutriani, Sinta (2024) Upaya pendidik dalam meningkatkan motivasi peserta didik mengikuti program tadarus Al-Qur'an kelas VII di MTs An-Najah Payabenua Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahmad Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1711172.pdf] Text
Halaman Awal_1711172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1711172.pdf] Text
BAB I_1711172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1711172.pdf] Text
BAB II_1711172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1711172.pdf] Text
BAB III_1711172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1711172.pdf] Text
BAB IV_1711172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1711172.pdf] Text
BAB V_1711172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1711172.pdf] Text
Daftar Pustaka_1711172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian besar dari peserta didik terlihat kurang semangat dalam mengikuti program tadarus Al-Qur’an, kemudian para peserta didik memiliki perbedaan dalam hal motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an yang terkadang sangat mencolok antara seorang peserta didik dengan peserta didik lainnya (ada beberapa peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an), ditemukan pula peserta didik yang terlambat ke sekolah ketika program tadarus Al-Qur’an berlangsung, kurangnya minat serta pemahaman peserta didik tentang pentingnya membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja problematika peserta didik mengikuti program tadarus Al-Qur’an kelas VII di MTs An-Najah Payabenua Kecamatan Mendo Barat. Bagaimana upaya pendidik dalam meningkatkan motivasi peserta didik mengikuti program tadarus Al-Qur’an kelas VII di MTs An-Najah Payabenua Kecamatan Mendo Barat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan(field research) bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan sumber data pada penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik kelas VII MTs An-Najah Payabenua. Teknik analisis datanya menggunakan metode deskriptif-analitik.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa problematika peserta didik dalam mengikuti program tadarus Al-Qur’an, diantaranya: rendahnya tingkat kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti program tadarus Al-Qur’an, dan kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Upaya pendidik dalam meningkatkan motivasi peserta didik mengikuti program tadarus Al-Qur’an di MTs An-Najah Payabenua yaitu: memberikan nasihat dan motivasi, keteladanan, evaluasi program tadarus Al-Qur’an, klasifikasi peserta didik sesuai dengan tingkat kelancaran bacaan, perpindahan kelas (moving class) memberikan pujian (reward), dan sanksi yang mendidik. Setiap lembaga pendidikan mempunyai target dalam pembelajaran maupun program di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: upaya pendidik; motivasi peserta didik; program tadarus Al-Qur'an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sinta Sutriani
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:44
Last Modified: 28 Oct 2024 07:44
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item
View Item