Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penggunaan media audio dan video pada materi hafalan juz'amma di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Rosdiana, Siti (2024) Penggunaan media audio dan video pada materi hafalan juz'amma di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911187.pdf] Text
Halaman Awal_1911187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I_1911187.pdf] Text
BAB I_1911187.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911187.pdf] Text
BAB II_1911187.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911187.pdf] Text
BAB III_1911187.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911187.pdf] Text
BAB IV_1911187.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911187.pdf] Text
BAB V_1911187.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka_1911187.pdf] Text
Daftar pustaka_1911187.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Banyak media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran termasuk di dalamnya untuk menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini akan difokuskan pada penggunaan media pada materi hafalan Juz’amma. Salah satu media yang digunakan adalah media audio dan video. Penggunaan media dalam pembelajaran sudah diyakini bahwa memiliki dampak yang sangat baik, namun dalam penghafalan Al-Qur’an masih cukup jarang digunakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penggunaan media audio dan video pada materi hafalan Juz’amma. 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan media audio dan video pada materi hafalan Juz’amma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audio dan video pada materi hafalan Juz’amma serta apa saja faktor pendukung dan Penghambat penggunaan media audio dan video pada materi hafalan Juz’amma.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dimana
penelitian ini menggambarkan objek dan kejadian yang akan diteliti. Artinya
melalui penelitian ini peneliti memfokuskan permasalahan mengenai penggunaan media audio dan video pada materi hafalan Juz’amma Di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung serta faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan data yang di lakukan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa langkah-langkah
dalam penggunaan media audio dan video pada materi hafalan Juz’amma di SD STKIP Muhamamdiyah mulai dari langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan tahap lanjutan yang mengarah pada evaluasi
pembelajaran. Melalui penggunaan media audio dan video terdapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya yaitu motivasi orang tua dan guru, lingkungan belajar yang kondusif, minat peserta didik dan sarana dan prasarana. Sedangkan yang menjadi penghambat dalam penggunaan media audio dan video yaitu ada pada faktor peserta didik dan kurangnya waktu di dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media audio dan video; faktor pendukung dan penghambatan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Siti Rosdiana
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:14
Last Modified: 11 Nov 2024 07:14
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item
View Item