Mustika, Maisyaroh Al (2024) Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik SMP PGRI Kundi. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (342kB)
BAB I_1911095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB) | Request a copy
BAB II_1911095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB) | Request a copy
BAB III_1911095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (114kB) | Request a copy
BAB IV_1911095.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
BAB V_1911095.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (69kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911095.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (149kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Multikultural merupakan keberagaman dalam masyarakat yakni agama, suku, ras, status sosial, ekonomi dan kebudayaan yang dengan itu adanya pengakuan, penghormatan, dan penghargaan terhadap perbedaan tersebut dengan persamaan hak dan kewajiban tanpa adanya diskriminasi. Karena masyarakat Indonesia sangat multikultural maka sebagai anak bangsa perlu memahami nilai multikultural dalam proses pengimplemetasiannya. Pengimplementasian nilai multikultural dalam hal ini melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adanya pertemanan antar peserta didik yang memiliki perbedaan baik suku, bahasa dan agama tidak luput dari didikan guru yang paham akan pendidikan multikultural. Skripsi ini membahas tentang implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik SMP PGRI Kundi. Peneliti mengkaji 3 permasalahan yakni implementasi nilai-nilai multikultural dalam perencanaan, pelaksanaa, dan evaluasi pembelajaran PAI.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi nilai-nilai multikultural dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi: perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan merumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik memiliki keberagamaan yang toleran serta memiliki sikap toleran intern dan antar umat beragama. 2) Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi: a) Guru melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, b) Materi berorientasi pada menjadi generasi toleran membangun harmoni intern dan antar umat beragama. 3) Implementasi nilai-nilai multikultural dalam evaluasi pembelajaran PAI melalui teknik tes dan non tes untuk mengetahui sikap toleransi kerukunan, dan sikap saling menghargai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran pendidikan agama islam; nilai-nilai multikultural |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Maisyaroh Al Mustika |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:48 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:48 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2438 |