Sumatri, Sumatri (2024) Strategi guru PAI dan budi pekerti dalam menanamkan nilai-nilai religius peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syakh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (706kB)
BAB I_228101023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (508kB) | Request a copy
BAB II_228101023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (733kB) | Request a copy
BAB III_228101023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (685kB) | Request a copy
BAB IV_228101023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (567kB) | Request a copy
BAB V_228101023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (330kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (491kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Tesis ini secara khusus mengkaji tentang Strategi guru PAI dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik SMP Negeri Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai religus pada peserta didik di SMP Negeri Kelapa.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk dapat mencapai tujuan tersebut, strategi yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan perlu dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam. Guru strategi PAI dan Budi Pekerti dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi peserta didik di SMP Negeri Di Kecamatan Kelapa. (a) Membiasakan membudayakan 3S (Salam, Senyum, Sapa), (b) merikan contoh perilaku baik yang dapat ditiru langsung oleh peserta didik, (c) Berperilaku hormat di manapun dan kapanpun, (d) Merikan penjelasan tentang pentingnya memiliki akhlak yang baik, memberikan pengertian tentang betapa pentingnya bersikap hormat dan berakhlak baik kepada guru, orang tua semana teman dan lingkungan.
ENGLISH:
This thesis specifically examines the strategies of Islamic Education and
Character teachers in instilling religious values in State Middle School students in Kelapa District, West Bangka Regency. The aim of this research is to analyze the strategies used in instilling religious values in students at Kelapa State Middle School. This research is field research with a qualitative descriptive approach. The methods used in collecting data are observation, interviews and documentation. Based on the research, it can be concluded that in order to achieve this goal, the right strategy in instilling religious values needs to be carried out by Islamic religious education teachers. PAI and Budi Pekerti strategy teacher in instilling religious values for students at State Middle Schools in Kelapa District. (a) Get used to cultivating the 3S (Greetings, Smile, Greetings), (b) give examples of good behavior that can be imitated directly by students, (c) Behave respectfully wherever and whenever, (d) Give an explanation of the importance of having good
morals, provides an understanding of how important it is to be respectful and have good morals towards teachers, parents, friends and the environment.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | strategi guru pai; nilai-nilai religius |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | 228101023 228101023 |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 01:35 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:28 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2429 |