Jumilah, Jumilah (2020) Pengaruh pelaksanaan model PAIKEM terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas xi SMK Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1511185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1511185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
BAB II_1511185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
BAB III _1511185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (498kB)
BAB IV 1511185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
BAB V _1511185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB)
DAFTAR PUSTAKA_1511185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
Abstract
Hakikatnya pelaksanaan model pembelajaran yang baik akan mempengaruhi keberhasilan kegiatan pembelajaran. tetapi fakta yang terjadi pada saat ini, guru masih mengoptimalkan dirinya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. akibatnya akan terjadi minimnya kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai pengaruh pelaksanaan model PAIKEM terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Mendo Barat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan waktu pelaksanaan Agustus-September 2019. Jumlah populasi dalam penelitian ini 120 dengan sampel penelitian 55 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil yang diperoleh dari penelitian pengaruh pelaksanaan model PAIKEM terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Mendo Barat, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel pada taraf siginifikansi 5% (0,05) dengan angkat 3.378 > 1,674, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan besar pengaruh antara variabel X terhadap Y sebesar 17,7 % dengan melihat tabel R Square (koefisien determinasi) R2 = 0,17,7 X 100% = 17,7% dan sisanya 82,3% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan model PAIKEM terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun bentuk persamaan regresi sesuai dengan yang diperoleh pada tabel Coefficientsa diperoleh nilai konstanta 18.246 dan nilai koefisien b1(prestasi belajar peserta didik) sebesar 0,398. Maka bentuk persamaan regresi linier sederhana Ῠ = 18.246 + 0,398X
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Model PAIKEM; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 07:02 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 07:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/240 |