Saputra, Haryono (2020) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajarkan membaca Al-qur'an kepada peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1511053.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
BAB I _1511053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
BAB II _1511053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
BAB III _1511053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
BAB IV_1511053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
BAB V _1511053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan membaca Alquran di SMA Negeri 3 Pangkalpinang yang dilaksanakan melalui tiga program yaitu program jangka pendek, program jangka menengah dan program jangka panjang. Dalam program jangka pendek 90% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Alquran dengan baik dan benar, sedangkan jangka menegah 100% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Alquran dengan baik dan benar, dan dalam program jangka panjang 100 % peserta didik yang beragama Islam dapat memahami dan mengamalkan isi kandungan Alquran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi guru pendidikan agama Islam dalam Mengajarkan membaca Alquran peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Pangkalpinang dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar bacaan Alquran peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Pangkalpinang
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber data, yaitu sumber primer dan sumber skunder. Sumber primer yaitu sumber yang memberikan data bagi peneliti yaitu diperoleh dari satu guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, sedangkan sumber sekunder diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berikutnya dalam menganalisa data penulis melakukan proses reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data yang dilengkapi dengan analisis domain
Adapun hasil penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengajarkan peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Pangkalpinang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri yaitu proses berpikir secara kritis dana analitis untuk mencari dan menemukan masalah sendiri dan strategi pembelajaran ekspositori penyampain materi secara verbal.Hasil bacaan peserta didik dari tahun ketahun semangkin meningkat dengan adaya program membaca al-Qur’an terutama di SMA Negeri 3 Pangkalpinang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi guru pendidikan agama Islam; peserta didik; bacaan Alquran |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:32 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:32 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/239 |