Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi metode ummi dalam kemampuan menghafal Al-Qur'an anak usia 5-6 tahun di TK IT Adh-Dhuhaa Pangkalpinang

Rosidah, Siti (2024) Implementasi metode ummi dalam kemampuan menghafal Al-Qur'an anak usia 5-6 tahun di TK IT Adh-Dhuhaa Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1912074.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1912074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1_1912074.pdf] Text
BAB 1_1912074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1912074.pdf] Text
BAB II_1912074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1912074.pdf] Text
BAB III_1912074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1912074.pdf] Text
BAB IV_1912074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1912074.pdf] Text
BAB V_1912074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1912074.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1912074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Metode Ummi telah menjadi model pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang sudah tersebar dimasyarakat. Yang mana Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat islam kitab yang menjadi pedoman dasar bagi umat islam. Saat ini banyak lembaga formal yang berlomba-lomba menjamin kualitas anak-anak lulusannya. Salah satu jaminan kualitas kepada wali murid adalah kemampuan menghapal al-Qur;an dengan tartil dan sesuai tajwid.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan cara wawancara mendalam kepada guru Qur’an di kelompok B. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode ummi dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an anak usia 5-6 tahun di TK IT Adh-Dhuhaa Pangkal Pinang. Serta diperkuat observasi dan dokumentasi kegiatan saat penelitian.Subjek penelitian yaitu berjumlah 15 anak. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian ini bahwa setelah menggunakan metode ummi dapat meningkatkan hafalan anak di TK IT Adh-Dhuhaa Pangkal Pinang. Hasil anak lancar menghafal dengan nada 5 anak berkembang sangat baik, 5 anak berkembang sesuai harapan dan 5 anak mulai berkembang. Anak mampu menyebutkan makhrajul huruf dengan benar, 5 anak mulai berkembang, 3 anak berkembang sesuai harapan dan 8 anak mulai berkembang. Anak mampu mengenal hukum tajwid 8 anak mulai berkembang, 4 anak berkembang sesuai harapan dan 3 anak berkembang sangat baik. Anak mampu menghafal dengan fasahah, dimana terdapat 2 anak belum berkembang, 5 anak mulai berkembang, 4 anak berkembang sesuai harapan, dan 4 anak berkembang sangat baik. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ummi dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an di TK IT Adh-Dhuhaa Pangkal Pinang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kata kunci; kemampuan menghafal al- qur’an; metode; ummi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Siti Rosidah
Date Deposited: 04 Nov 2024 10:38
Last Modified: 04 Nov 2024 10:38
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item
View Item