Dina, Maulian (2024) Implementasi pendidikan karakter religius pada usia anak 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di TK Mandiri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (883kB) | Request a copy
BAB IV_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1712022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (338kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Salah satu krisis dalam dunia pendidikan sekarang banyaknya kalangan pelajar yang sering membolos, malas mengerjakan tugas, melawan guru dan orangtua, mencontek ketika ujian, berkelahi dengan teman, malas melakukan sholat, dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penanaman karakter pada peserta didik. Melihat kejadian tersebut, maka sangat diperlukan adanya penanaman karakter sejak dini yang dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius dan hasilnya pada anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di TK Mandiri Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan tahapan analisis data melalui mereduksi data, display data, memverifikasi/ mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius pada usia anak 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pangkalpinang dapat dilihat dan dinilai melalui makna-makna dari setiap lagu dan gerakan serta memahami makna dari lagu dan gerakan yang sudah dilaksanakan dengan baik. Secara keseluruhan implementasi pendidikn karakter religius di TK Mandiri ini telah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan hasil implementasi pendidikn karakter religius pada usia anak 5-6 tahun melalui gerak dan lagu di Taman Kanak-Kanak Mandiri Pangkalpinang secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu, guru diharapkan kreatif dan inovatif memberikan materi kegiatannya sehingga kemampuan anak-anak dapat berkembangan secara maksimal baik kognitif, afektif, psikomotori, dan sosial budayanya dan tidak kalah mutunya dengan TK lain yang ada di Kota Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan karakter religius; gerak dan lagu; anak usia 5-6 tahun |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Maulian Dina |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 06:49 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 06:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2382 |