Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi komunikasi pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 12 Kelapa dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bangka Barat

Fitria, Nevi (2019) Strategi komunikasi pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 12 Kelapa dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1511102.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1511102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I _1511102.pdf] Text
BAB I _1511102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[thumbnail of BAB II _1511102.pdf] Text
BAB II _1511102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB III _1511102.pdf] Text
BAB III _1511102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[thumbnail of BAB IV _1511102.pdf] Text
BAB IV _1511102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB V _1511102.pdf] Text
BAB V _1511102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _1511102.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _1511102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi komunikasi
pembelajaran di SDN 12 Kelapa dan MIN 1 Bangka Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif informan dalam penelitian ini terdiri dari Guru PAI di SDN 12 Kelapa dan MIN 1 Bangka Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pembelajaran di SDN 12 Kelapa ditinjau dari bentuk strategi komunikasi yaitu menggunakan bentuk komunikasi verbal, non verbal, antarpersonal dengan media yang meliputi buku, spidol dan papan tulis. Sedangkan di MIN 1 Bangka Barat strategi komunikasi pembelajaran menggunakan bentuk komunikasi verbal, non verbal, antarpersonal dan kelompok. Menggunakan bentuk komunikasi kelompok untuk kelas 4-6 sedangkan bentuk komunikasi verbal, non verbal dan antarpersonal biasa digunakan untuk kelas 1-3 dengan media yang meliputi buku, spidol, papan tulis, video, film, gambar, wayang.
Hambatan strategi komunikasi pembelajaran di SDN 12 Kelapa sebagian dari peserta didik kurang paham bahasa Indonesia dan kurang bisa membaca. Hambatan strategi komunikasi pembelajaran di MIN 1 Bangka Barat kurangnya buku teks pelajaran untuk siswa dan siswanya kurang aktif pada saat proses belajar mengajar karena takut kepada guru dan malu kepada teman-temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi ; komunikasi ; pembelajaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:15
Last Modified: 20 Mar 2023 03:57
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item
View Item