Rodhiyatunnisa, Rodhiyatunnisa (2024) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (877kB)
BAB I _ 1911158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (455kB) | Request a copy
BAB II_1911158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (499kB) | Request a copy
BAB III_1911158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (645kB) | Request a copy
BAB IV_1911158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (485kB) | Request a copy
BAB V_1911158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (200kB) | Request a copy
Abstract
Tujuan peneliti memilih judul ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Simpang Teritip dan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian untuk menguji suatu data tertentu dengan meneliti keterkaitan antar variabel. Lokasi penelitian dan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Simpang Teritip. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 69 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini ada 69 peserta didik dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat data dan analisis regresi linear sederhana.
Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Hasil yang diperoleh dari analisis data nilai Fhitung sebesar 14,789, sedangkan Ftabel sebesar 1,674. Jadi Fhitung (14,789) > Ftabel (1,674), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji koefisien determinasi yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Simpang Teritip, hasil yang diperoleh sebesar 0,281 atau 28% yang dapat di artikan bahwa variabel kedisiplinan belajar (X) memiliki kontribusi 28%, variabel hasil belajar pendidikan agama Islam (Y) memiliki kontribusi sebesar 72% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Jadi dapat di simpulkan bahwa kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Negeri 2 Simpang Teritip memiliki pengaruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh; kedisiplinan; hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rodhiyatunnisa Rodhiyatunnisa |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 05:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 05:52 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2375 |