Izzuddin, Izzuddin (2019) Hubungan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar (Survei pada anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia di IAIN SAS Bangka Belitung). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1411045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1411045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
BAB II _1411045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (344kB)
BAB III _1411045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
BAB IV_1411045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB)
BAB V _1411045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB)
DAFTAR PUSTAKA _1411045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan seberapa besar hubungan keaktifan organisasi mahasiswa di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan skunder, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Koesioner/angket, dokumentasi, dan observasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu sangat tinggi antara hubungan keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar seperti hasil temuan yang didapat di lapangan dari 140 mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung yang tergabung aktif dalam mengikuti organisasi eksternal kampus, 140 mahasiswa menyatakan bahwa tidak terganggu aktivitas perkuliahan dengan kegiatan organisasi, mereka menyatakan kegiatan dalam organisasi menambah waktu luang di jam luar kuliah yang lebih bermanfaat dan menambah pengetahuan mereka dijam luar perkuliahan. Dan analisis data yang telah dilakukan pada bab empat tentang Hubungan Keaktifan Berorganisasi Mahasiswa IAIN Dengan Prestasi Belajar sebesar 47.3 %. Persentase tersebut didapatkan dari R Square (koefisien determinasi), dimana hasil R Square 0.473 X 100 = 2,5%. Sedangkan untuk 53.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel independen. Adapun hasil dari interpretasi data Correlations variabel X dan Y nilai yang diperoleh sebesar 0,997 berarti memasuki interpretasi 0,800 – 0,1000 dengan hubungan yang sangat tinggi antara keaktifan berorganisasi mahasiswa dengan prestasi belajar. Hal ini berarti bahwa Hubungan Keaktifan berorganisasi Mahasiswa IAIN Dengan Prestasi Belajar berpengaruh sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktif; Organisasi; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:57 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 03:57 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/237 |