Firdian, Firdian (2020) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Desa Kapuk. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1411073.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
BAB I _1411073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
BAB II _1411073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
BAB III _1411073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB)
BAB IV _1411073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
BAB V _1411073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
DAFTAR PUSTAKAI _1411073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (97kB)
Abstract
Peneliti mengangkat permsalahan ini berdasarkan keadaan bahwa peserta didik yang berada di MTs Nurul Hikmah Desa Kapuk sering terlambat, kurangnya disiplin waktu dan kurangnya sopan santun di sekolah. Faktor yang melatar belakangi terjadinya hal tersebut adalah pengaruh lingkungan, pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya pengaruh tersebut membuat mereka mengalami perubahan sikap yang kurang baik saat di sekolah. Peserta didik pada perkembangannya sangat memerlukan peran dari guru pendidik agama Islam dan perhatian dari orangtuanya. Maka untuk mengatasai masalah tersebut mereka memerlukan peran pendidik agama Islam dari guru dan orangtua. Perihal ini mutlak dibutuhkan alternatif-alternatif yang praksis dalam pembinaan ahklak. Demikan itu, setidaknya sebagai pembelajaran bagi para guru bahwa peserta didik sangat memerlukan pembinaan akhlak agar berpikir rasional, selalu memiliki tingkah laku yang baik, dan memahami keadaan diri mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pembinaan akhlak peserta didik
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data utamanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis yaitu, dengan teknik deskriptif kualitatif. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teori pendidikan
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru pendidik agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik dalam hal ini telah memberikan nasehat, motivasi, dan penanaman nilai-nilai Islami, melakukan bimbingan kepada para peserta didik yang bermasalah secara terus menerus dan menemukan faktor yang mendukung dalam hal ini adanya komitmen dari kapala madrasah dan guru serta orang tua dalam memperbaiki tingkah laku peserta didik, serta mengetahui hambatan-hambatan atau faktor penghambat yang dihadapi seperti kurangnya kemauan peserta didik untuk bersekolah, lingkungan yang kurang baik, dan pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Akhlak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:31 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 03:31 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/236 |