Irwanto, Irwanto (2019) Persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan perpustakaan di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1411043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1411043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
BAB II _1411043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (349kB)
BAB III _1411043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (505kB)
BAB IV _1411043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (435kB)
BAB V _1411043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (66kB)
DAFTAR PUSTAKA _1411043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (79kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan di perpustakaan IAIN SAS Bangka Belitung. Topik penelitian berkenaan dengan kualitas pelayanan perpustakaan di IAIN SAS Bangka Belitung. Karena perpustakaan merupakan lembaga esensial dalam suatu layanan pendidikan terutama perguruan tinggi. Salah satu perannya adalah untuk menunjang Tri Dharma perguruan tinggi, oleh karenanya dibutuhkan kualitas pelayanan perpustakaan. Kualitas pelayanan perpustakaan dapat diketahui dengan dilakukannya pengukuran, salah satunya ialah pengukuran persepsi pemustaka dalam hal ini adalah mahasiswa. Dengan demikian, dapat diketahui pendapat dan sikap mahasiswa terhadap kualitas pelayanan perpustakaan IAIN SAS Bangka Belitung. Beberapa kriteria untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan yakni aspek pelayanan, aspek sarana dan prasarana serta aspek kondisi interaksi sosial dalam pelayanan perpustakaan.
Penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung perpustakaan Fakultas Tarbiyah. Sampel ditentukan dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, diperoleh sebanyak 280 responden dengan teknik simple random sampling. Hasil dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan menyeleksi data dan membuat prosentase data. Peneliti menggunakan skala likert untuk mengukur dan menginterpretasi sikap atau persepsi mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan perpustakaan IAIN SAS Bangka Belitung secara keseluruhan ialah memuaskan dengan hasil skor rata-rata yaitu 3,53 dengan prosentase 71%. Dengan rincian persepsi mahasiswa terhadap aspek pelayanan mempunyai skor 3,56 (puas) dengan prosentase 72%, persepsi mahasiswa terhadap aspek sarana dan prasaran perpustakaan memiliki skor 3,38 (cukup puas) dengan prosentase 68% dan persepsi mahasiswa terhadap kondisi interaksi sosial dalam pelayanan memiliki skor 3,66 (puas) dengan prosentase 74%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi, Kualitas dan Pelayanan Perpustakaan |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 025 Operasional perpustakaan, arsip dan pusat informasi, pelayanan dan pengelolaan perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:21 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 03:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/235 |