Ayu, Rossita (2024) Pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 3 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (878kB)
BAB I_1911161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (206kB) | Request a copy
BAB II_1911161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB) | Request a copy
BAB III_1911161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (296kB) | Request a copy
BAB IV_1911161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
BAB V_1911161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (45kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (109kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar merupakan interaksi dan hubungan dengan teman-teman sebaya dapat mempengaruhi keinginan dan semangat siswa untuk belajar. Teman sebaya dapat memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap motivasi belajar siswa. Pergaulan teman sebaya ini juga terlihat pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Simpang Teritip, ketika berlangsungnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terdapat siswa yang bercanda gurau dengan teman, tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga ketika guru bertanya siswa tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, namun ada juga sebagian siswa yang memperhatikan penjelasan guru dan sesekali berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai materi yang disampaikan oleh guru dan ketika ditanya siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan dari guru tersebut.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 3 Simpang Teritip. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang bersifat inferensial dalam arti mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara statistika, dengan menggunakan data empirik hasil pengukuran data melalui pengukuran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Simpang Teritip yaitu sebesar 31% dengan besar koefisien determinasi sebesar 0,308, sehingga dapat diketahui bahwa hasil penelitian menunjukkan pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel teman sebaya (X) terhadap motivasi belajar (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teman Sebaya; Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rossita Ayu |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:41 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2317 |