Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penguatan moderasi beragama melalui pelajaran akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan

Seftiawan, Yudi Dwiansyah (2024) Penguatan moderasi beragama melalui pelajaran akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1711203.pdf] Text
Halaman Awal_1711203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I_1711203.pdf] Text
BAB I_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1711203.pdf] Text
BAB II_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1711203.pdf] Text
BAB III_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1711203.pdf] Text
BAB IV_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1711203.pdf] Text
BAB V_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1711203.pdf] Text
Daftar Pustaka_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :

Permasalahan dari penelitian ini ialah adanya keberagaman di tengah masyarakat dan bermacam aksi yang dapat memicu perpecahan sehingga moderasi beragama diharapkan mampu berkontribusi bagi permasalahan ini khususnya melalui penanaman pemahaman moderasi beragama dikalangan peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan beserta kendalanya.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni memaparkan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan menguraikan beragam data yang didapatkan mengenai penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan beserta kendalanya. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan dan sumber data penelitian yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data yang merujuk dari pedoman wawancara, pedoman observasi, dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada fakta lapangan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan diantaranya dalam bentuk komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan anti radikalisme, serta akomodatif budaya lokal. Adapun kendala yang dihadapi dalam memberikan penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan meliputi kurangnya perhatian keluarga peserta didik terhadap pendidikan agama dan kurangnya pengawasan terhadap kebiasaan peserta didik dalam menggunakan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penguatan Moderasi Beragama; Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Yudi Dwiansyah Seftiawan
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:14
Last Modified: 02 Sep 2024 08:14
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item
View Item