Seftiawan, Yudi Dwiansyah (2024) Penguatan moderasi beragama melalui pelajaran akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1711203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (267kB) | Request a copy
BAB II_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (240kB) | Request a copy
BAB III_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (146kB) | Request a copy
BAB IV_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (164kB) | Request a copy
BAB V_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (87kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1711203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (95kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan dari penelitian ini ialah adanya keberagaman di tengah masyarakat dan bermacam aksi yang dapat memicu perpecahan sehingga moderasi beragama diharapkan mampu berkontribusi bagi permasalahan ini khususnya melalui penanaman pemahaman moderasi beragama dikalangan peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan beserta kendalanya.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni memaparkan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan menguraikan beragam data yang didapatkan mengenai penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan beserta kendalanya. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan dan sumber data penelitian yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data yang merujuk dari pedoman wawancara, pedoman observasi, dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada fakta lapangan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan diantaranya dalam bentuk komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan anti radikalisme, serta akomodatif budaya lokal. Adapun kendala yang dihadapi dalam memberikan penguatan moderasi beragama melalui pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ittihadiyah Al Islammiyah Sungai Selan meliputi kurangnya perhatian keluarga peserta didik terhadap pendidikan agama dan kurangnya pengawasan terhadap kebiasaan peserta didik dalam menggunakan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penguatan Moderasi Beragama; Pelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Yudi Dwiansyah Seftiawan |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:14 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:14 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2301 |