Syaripudin, Syaripudin (2024) Impelementasi nilai-nilai pendidikan aqidah dalam kitab 'Aqidatul-'awam Di Pondok Pesantren Modern Hidayatussalikin Pangkalpinang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_218101027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_218101027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB) | Request a copy
BAB II_218101027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (503kB) | Request a copy
BAB III_218101027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (232kB) | Request a copy
BAB IV_218101027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (887kB) | Request a copy
BAB V_218101027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (68kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_218101027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan tekhnik Pondok Pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang dalam mengimplementasikan nilai-nilai aqidah yang terkandung dalam kitab ‘aqidatul-‘awam kepada para santri Pondok Pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang serta faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Informan penelitiannya adalah Pimpinan, Kepala Sekolah, Guru dan santri yang berlokasi di Pesantren Hidayatussalikin. Tekhnik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, tekhnik dan waktu. Dan analisisnya melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai pendidikan aqidah dalam kitab ‘aqidatul-‘awam di pondok pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang berupa program keagamaan dalam bentuk program keagamaan seperti sholat, dzikir, do’a, ‘amaliyyatut-tadris, muhadhoroh, membaca Al-Qur’an, mengkaji tafsir, belajar kisah para Nabi dan Rasul, mengkaji hadits tahlilan dan puasa. Sedangkan kegiatan non-keagamaan seperti pramuka dan rihlah. Ada sekitar 80% program tersebut berjalan lancar dan sisanya ada yang memiliki hambatan seperti kajian hadits dan kisah nabi perkelas serta ada yang sempat terhenti seperti kajian tanqehul-qaul dan tafsir jalalain. Faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai pendidikan aqidah dalam kitab ‘aqidatul-‘awam di pondok pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang yaitu: Sarana dan prasana yang memadai, kekompakan guru dalam menjalankan program keagamaan, serta latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan tugasnya. Dan faktor penghambatnya, yaitu: kurangnya kesadaran santri untuk menjalankan kegiatan keagamaan, adanya aturan larangan hukuman fisik, kurangnya keikhlasan orang tua untuk menitipkan anaknya ke pondok, Serta kurangnya minat Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | nilai; pendidikan aqidah; kitab Aqidatul-awam |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Syaripudin Syaripudin |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 08:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:57 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2288 |