Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas layanan informasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas di kelas XI SMA Negeri 01 Jebus

Firmansyah, Ilham (2024) Efektivitas layanan informasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas di kelas XI SMA Negeri 01 Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdruhhman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1915030.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1915030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1915030.pdf] Text
BAB I_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1915030.pdf] Text
BAB II_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1915030.pdf] Text
BAB III_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1915030.pdf] Text
BAB IV_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1915030.pdf] Text
BAB V_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1915030.pdf] Text
Daftar Pustaka_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :

Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini Pada era modernisasi seperti sekarang ini, belajar tidak lagi menjadi rutinitas yang
disukai peserta didik. Ini dikarenakan ada banyak hal yang membuat peserta didik merasa malas maupun jenuh ketika belajar, seperti membutuhkan konsentrasi, waktu serta tenaga yang dikeluarkan, perasaan maupun paksaan untuk meninggalkan berbagai kegiatan yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar, seperti bermain ponsel, game online, ataupun kegiatan lain baik yang bersifat positif atau negatif yang berasal dari lingkungan sekitar. Akan tetapi, yang paling mendasar dari permasalahan ketika belajar yakni membutuhkan konsentrasi belajar. Peserta didik dituntut untuk tetap berkonsentrasi hingga pelajaran selesai.. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui efektifitas layanan informasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Jebus.

Populasi berjumlah 97 orang sedangkan sampel sebanyak 10 orang. Dalam penelitian ini berfokus pada tingkat konsentrasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layananan informasi dengan teknik pengumpulan data berupa obervasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji T.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan tingkat konsentrasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Jebus. Penelitian ini memberikan makna bahwa melalui layanan infomasi peserta didik dapat memiliki konsentrasi belajar yang lebih baik. Kesimpulan dibuktikan melalui hasil perhitungan hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 17,860 >2,228 yang dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diambil peneliti telah teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: layanan informasi; konsentrasi belajar; pre-eksperimental
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: S.Pd Ilham Firmansyah
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:33
Last Modified: 23 Oct 2024 02:19
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item
View Item