Firmansyah, Ilham (2024) Efektivitas layanan informasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas di kelas XI SMA Negeri 01 Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdruhhman Siddik.
HALAMAN AWAL _1915030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (343kB) | Request a copy
BAB II_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (416kB) | Request a copy
BAB III_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (696kB) | Request a copy
BAB IV_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB) | Request a copy
BAB V_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (204kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini Pada era modernisasi seperti sekarang ini, belajar tidak lagi menjadi rutinitas yang
disukai peserta didik. Ini dikarenakan ada banyak hal yang membuat peserta didik merasa malas maupun jenuh ketika belajar, seperti membutuhkan konsentrasi, waktu serta tenaga yang dikeluarkan, perasaan maupun paksaan untuk meninggalkan berbagai kegiatan yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar, seperti bermain ponsel, game online, ataupun kegiatan lain baik yang bersifat positif atau negatif yang berasal dari lingkungan sekitar. Akan tetapi, yang paling mendasar dari permasalahan ketika belajar yakni membutuhkan konsentrasi belajar. Peserta didik dituntut untuk tetap berkonsentrasi hingga pelajaran selesai.. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui efektifitas layanan informasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Jebus.
Populasi berjumlah 97 orang sedangkan sampel sebanyak 10 orang. Dalam penelitian ini berfokus pada tingkat konsentrasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layananan informasi dengan teknik pengumpulan data berupa obervasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji T.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan tingkat konsentrasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Jebus. Penelitian ini memberikan makna bahwa melalui layanan infomasi peserta didik dapat memiliki konsentrasi belajar yang lebih baik. Kesimpulan dibuktikan melalui hasil perhitungan hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 17,860 >2,228 yang dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diambil peneliti telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan informasi; konsentrasi belajar; pre-eksperimental |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | S.Pd Ilham Firmansyah |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:33 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:19 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2281 |