Hendrawan, Muhammad AdeHafiz (2024) Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional terhadap kinerja guru PAI di SMA/SMK se Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1811122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (692kB) | Request a copy
BAB II_1811122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (707kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB) | Request a copy
BAB IV_1811122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1811122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (411kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Belakangan ini, masih banyak guru dengan komptensi pedagogik dan professional yang belumnya terpenuhi. Mayoritas guru lebih mementingkan administrasi dan fokus pada penyelesaian silabus mengingat tuntutan yang diberikan dilapangan seperti itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersamaan terhadap kinerja guru PAI di SMA/SMK se Kota Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK se-Kota Pangkalpinang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) hasil hitung menunjukkan uji parsial pada variabel menunjukkan t-hitung sebesar 1.928 dengan nilai signifikasi adalah 0.063 karena nilai t-hitung < t-tabel (1.928 < 1.690) dan nilai signifikasi > 0.05 (0.063 > 0.05); 2) dimana nilai signifikasi pada variable Profesional Guru (X₂) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 dibandingkan dengan nilai signifikasi pada variable Kompetensi Pedagogik (X₁) = 0,063; 3) Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru secara bersamaan memberikan pengaruh yang cukup signifikan dan kuat pada kinerja guru PAI yang ada di Kota Pangkalpinang khususnya pada guru SMA/SMK. Selain itu, Berdasarkan uji determinasi diperoleh nilai adjusted R² sebesar 0,646 atau 64,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Kinerja Guru (Y) dapat dijelaskan sebesar 64,6% oleh variabel independen yaitu Kompetensi Pedagogik (X₁) dan Profesional Guru (X₂). Sedangkan 35,4% variable Kinerja Guru PAI pada SMA/SMK se-Kota Pangkalpinang dijelaskan oleh variabel-variabel diluar variabel independen penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kompetensi pedagogik; kompetensi profesional; kinerja guru |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Muhammad AdeHafiz Hendrawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 06:30 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2274 |