Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Analisis pemikiran tokoh utama dalam novel Dahlan karya Haidar Musyafa

Nadiya, Nadiya (2024) Analisis pemikiran tokoh utama dalam novel Dahlan karya Haidar Musyafa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011033.pdf] Text
Halaman Awal_2011033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (557kB)
[thumbnail of BAB I_2011033.pdf] Text
BAB I_2011033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011033.pdf] Text
BAB II_2011033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_201033.pdf] Text
BAB III_201033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011033.pdf] Text
BAB IV_2011033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011033.pdf] Text
BAB V_2011033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011033.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini membahas mengenai Analisis Pemikiran Tokoh Utama Dalam Novel Dahlan Karya Haidar Musyafa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara berfikir Ahmad Dahlan yang berbeda dari tokoh-tokoh pembaharuan pendidikan Islam lainnya seperti, perbedaan tokoh Hasyim Asy’ari dan Ahmad Dahlan dalam masalah subtansi dari pendidikan islam, yang dimana Ahmad Dahlan cenderung bercorak modernis sedangkan Hasyim Asy’ari cenderung bercorak tradisionalis. Rumusan masalah dalam penelitian ini, 1) Bagaimana pemikiran Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam dalam Novel Dahlan Karya Haidar Musyafa 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Dahlan karya Haidar Musyafa.

Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik baca, simak dan catat. Dan analisis data yang digunakan yaitu, analisis isi (counten analysis), metode reduksi data, dan metode interpretasi.

Dari hasil penelitian, pemikiran pendidikan Islam dalam novel Dahlan dapat terlihat pada aspek pemikiran KH Ahmad Dahlan mengani landasan pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, materi atau kurikulum pendidikan Islam dan metode atau teknik pengajaran. Nilai- nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Dahlan yaitu nilai pendidikan Akidah meliputi beriman kepada Allah, Rasul dan iman kepada qadha’ dan qadar, nilai pendidikan Ibadah meliputi ibadah lisan dan ibadah anggota badan, nilai pendidikan Akhlak meliputi, Akhlak terhadap Allah dengan beriman, berdoa dan tawakal, akhlak terhadap diri sendiri, sabar, ikhlas, dan tanggung jawab, akhlak terhadap sesama, meliputi berbakti kepada orang tua dan hubungan yang baik antar teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pemikiran tokoh utama; kh. ahmad dahlan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.9 Sejarah Pendidikan, Lokasi Geografis Tertentu Pendidikan, pendidikan komparatif, perbandingan pendidikan, Ahli Pendidikan, Tokoh Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nadiya Nadiya
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:42
Last Modified: 21 Aug 2024 04:42
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item
View Item