Aprilia, Dini (2020) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas xi SMKN 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1511036.pdf - Accepted Version
Download (636kB)
BAB I _1511036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
BAB II _1511036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (240kB)
BAB III _1511036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
BAB IV _1511036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
BAB V_1511036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (59kB)
DAFTAR PUSTAKA _1511036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (101kB)
Abstract
Guru sebagai pendidik harus cerdas dalam menarik perhatian peserta didik untuk semangat dalam belajar terkhusus pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Guru harus mampu membuat peserta didik berminat dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Apabila rasa berminat telah ada pada diri peserta didik, maka guru akan mudah dalam memberikan materi kepada peserta didik. Disertai dengan demikian, guru harus mampu menguasai bahan ajar agar dapat menguasai kelas. Dikarenakan untuk meningkatkan minat butuh upaya yang kreatif sehingga guru harus menguasai strategi, metode, media pembelajaran dan pengelolaan kelas agar upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dijalankan secara maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Guru melakukan pembelajaran yang cukup berbeda, karena kedua guru tersebut ada yang menggunakan bahasan ayat dan lebih mengenalkan peserta didik kepada nila-nilai Islam tujuannya agar anak semakin bertambah keingin
annya dalam mengikuti pelajaran. Adapun upaya guru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan strategi, metode, dan media pembelajaran serta pengelolaan kelas yang menarik, sehingga mampu menarik perhatian peserta didik untuk terus berminat dalam pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar yaitu sarana dan prasarana, lingkungan peserta didik, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan juga pendekatan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Upaya Guru; Minat Belajar dan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:23 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:23 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/227 |