Afriyani, Yanti (2024) Strategi ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada muslimah dewasa di Markas Qur’an Izzudin Al Banka Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (533kB)
BAB I_2011063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB II_2011063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (636kB) | Request a copy
BAB III_2011063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB) | Request a copy
BAB IV_2011063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (320kB) | Request a copy
BAB V_2011063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (212kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu kategori pembelajaran yang penting untuk diterapkan. Sebagai pendidik, tentu ustadzah perlu memiliki strategi yang harus disiapkan dengan matang. Hal ini sangat berguna, sebagai bentuk upaya ustadzah lebih mudah dalam melakukan eksekusi belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bacaan Al- Qur'an di markas qur'an Izzudin Al Banka Pangkalpinang. (2) Untuk mengetahui strategi ustadzah dalam menangani masalah kurangnya kemampuan membaca Al- qur'an pada muslimah dewasa di markas Qur'an Izzudin Al Banka Pangkalpinang.
Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik utama yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah dengan melakukan beberapa tahap yaitu penghimpunan data, reduksi data, penyajian data, kemudian ditarik kesimpulannya.
Hasil penelitian yang telah diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dilakukan selama empat kali dalam sebulan. Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. (2)Strategi ustadzah dalam program pembelajaran Al-Quran bagi muslimah dewasa dengan cara menggunakan buku utsmani, memotivasi muslimah dewasa dan mengulang-ulang bacaan yang salah agar menjadi benar (3) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an muslimah dewasa diantaranya (a) ustadzah yang kompeten, (b) Pemberian Motivasi dan apresiasi, (c) Dukungan dari ustadzah (d)Tersedianya Media dan alat pendukung belajar.
Kata Kunci: Strategi Ustadzah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi ustadzah; kemampuan membaca al-qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Yanti Afriyani |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:39 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 04:39 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2269 |