Alaziz, Dio (2024) Strategi lembaga pendidikan pesantren dalam menghadapi tantangan era globalisasi di pondok modern Daarul Abror Desa Kace. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 2011155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB) | Request a copy
BAB II_ 2011155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB) | Request a copy
BAB III_2011155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
BAB IV_2011155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
BAB V_2011155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (46kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_ 2011155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (54kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Strategi lembaga pendidikan pesantren merupakan gabungan antara beberapa kata yaitu, strategi, lembaga pendidikan, dan pesantren. Strategi merupakan langkah berisi rangkaian dan kegiatan yang telah dirancang untuk mencapai tujuan dengan menggunakan teknik dan metode yang ditetapkan. Lembaga pendidikan merupakan suatu isntuisi atau tempat dimana proses pendidikan atau belajar mengajar berlangsung. Dan pesantren merupakan sebuah organisasi pendidikan Islam non formal yang dikelolah oleh seorang ulama atau kiai sebagai seorang pemimpin dan peserta didiknya disebut santri. Demikian pula strategi lembaga pendidikan pesantren merupakan cara atau metode suatu isntuisi pendidikan Islam non formal.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau (field research), yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Sumber data ini meliputi data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan ada beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dalam menghadapi tantangan era globalisasi pondok modern Daarul Abror Desa Kace adalah perumusan strategi berupa pengembangan sumber daya manusia, penyediaan fasilitas, pelatihan bahasa, dan memperkenalkan informasi dan jaringan komputer kepada santri. Implementasi strategi berupa berupa strategi jangka panjang atas waktu yang telah di tentukan, evaluasi strategi melakukan evaluasi mengenai strategi yang digunakan.Implikasi strategi pendidikan pesantren dalam menghadapi tantangan era globalisasi di pondok modern Daarul Abror Desa Kace ialah peningkatan kualitas pendidikan, meningkatkan dukungan dan partisipasi masyarakat, dan mendorong penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi penerapan strategi lembaga pendidikan pesantren dalam menghadapi tantangan era globalisasi di pondok modern Daarul Abror Desa Kace ialah faktor internal, berupa faktor yang berasal dari dalam pondok itu sendiri baik dari santri, dan faktor eksternal ialah faktor pemerintah, teknologi dan kondisi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi lembaga pendidikan; pondok pesantren |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dio Alaziz |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:51 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:51 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2268 |