Rahayu, Dea Putri (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama peserta didik di SMK Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011003 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (877kB)
BAB 1_2011003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB) | Request a copy
BAB II_2011003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
BAB III_2011003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (119kB) | Request a copy
BAB IV_2011003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB V_2011003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (87kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah pandangan peneliti terkait banyaknya kasus intoleransi yang beredar sehingga menyebabkan peserta didik melakukan perilaku intoleransi, sedangkan yang peneliti lihat dan amati ketika melakukan observasi di sekolah menyatakan bahwa peserta didik telah bersikap toleransi sehingga keresahan peneliti yaitu terkait peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) lakukan sehingga memunculkan toleransi beragama yang baik di SMK Negeri 1 Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasihat, pembaharu (innovator), model dan teladan serta pribadi dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama peserta didik (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi beragama peserta didik di SMK Negeri 1 Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: guru Pendidikan Agama Islam (PAI) telah menjalankan peran dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama diantaranya guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasihat, pembaharu (innovator), model dan teladan, serta sebagai pribadi. Penanaman nilai-nilai toleransi beragama yaitu nilai keberagaman inklusif berupa pemahaman tentang toleransi beragama, budaya 3S (senyum, salam, sapa), menghargai dan menghormati keyakinan masing-masing, nilai humanisme meliputi tolong menolong, bantuan sosial, kegiatan kelompok, P5, ekstrakurikuler serta kegiatan rutin sekolah, dan nilai kebebasan meliputi kebebasan memeluk dan meyakini agama masing-masing dan menyalurkan bakat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tiap individu peserta didik.
Kata kunci: Peran guru PAI, nilai-nilai toleransi beragama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru PAI; nilai-nilai toleransi beragama |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dea Putri Rahayu |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:37 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2263 |