Nadiyya, Ahsanu (2024) Pengaruh metode Tasmi’ (Ziyadah, Takrir, Mutqin) terhadap Klkualitas hafalan santriwati Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an, Kec. Puding Besar, Kab. Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Bab I_2011157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (583kB) | Request a copy
Bab II_2011157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (612kB) | Request a copy
Bab III_2011157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (569kB) | Request a copy
Bab IV_2011157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (409kB) | Request a copy
Bab V_2011157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (303kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011157.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini ialah didasarkan pada kebutuhan akan metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan santriwati Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an, kecamatan Puding Besar, kabupaten Bangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah pengaruh metode tasmi’ (ziyadah, takrir, mutqin) terhadap kualitas hafalan santriwati, (2) seberapa besar pengaruh metode tasmi’ (ziyadah, takrir, mutqin) terhadap kualitas hafalan santriwati. Hipotesis penelitian ini meliputi: seberapa besar pengaruh metode tasmi’ (ziyadah, takrir mutqin) terhadap kualitas hafalan santriwati al-Qur’an Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan analisis korelasional dan regresional. Populasi terjangkau adalah santriwati Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka sebanyak 136 santriwati. Besar sampel sebanyak 98 santriwati, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data variabel metode tasmi’ (ziyadah, takrir, mutqin) dan kualitas hafalan santriwati diperoleh melalui angket.
Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reabilitas intrumen menggunakan perhitungan Alpha Cronbach.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan
signifikan metode tasmi’ (ziyadah, takrir, mutqin) terhadap kualitas hafalan santriwati sebesar 42,1 % artinya metode tasmi’ (ziyadah, takrir, mutqin) berpengaruh 42,1 % terhadap kualitas hafalan santriwati dan sisanya sebesar 57,9 % dipengaruhi oleh faktor lain, hal ini menandakan bahwa kemampuan metode tasmi’ (ziyadah, takrir, mutqin) dalam menjelaskan kualitas hafalan tidak terlalu kuat, sehingga metode yang digunakan saat ini masih perlu diperkuat dengan faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode tasmi’; kualitas hafalan al-Qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Depositing User: | Ahsanu Nadiyya |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:34 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2262 |