Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penerapan tujuh sunnah harian Rasulullah terhadap pembentukan etika siswa di SMA Muhammadiyah Toboali

Fratiwi, Nabilla (2024) Pengaruh penerapan tujuh sunnah harian Rasulullah terhadap pembentukan etika siswa di SMA Muhammadiyah Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011056.pdf] Text
Halaman Awal_2011056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011056.pdf] Text
BAB I_2011056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011056.pdf] Text
BAB II_2011056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011056.pdf] Text
BAB III_2011056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011056.pdf] Text
BAB IV_2011056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011056.pdf] Text
BAB V_2011056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011056.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Penanaman nilai-nilai agama yang dilaksanakan dengan sebuah kebiasaan keagaamaan, yakni dengan salah satu program yakni Penerapan Tujuh Sunnah Harian Rasulullah di SMA Muhammadiyah Toboali. Mengambil langkah untuk antisipasi dengan menjalankan kegiatan dan menjadikan sebuah kebiasaaan yang harus dijalankan, salah satu bentuk upaya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di SMA Muhammadiyah Toboali. Namun masih ada beberapa siswa yang melakukan pelanggaran. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi Penerapan Tujuh Sunnah Harian Rasulullah dan apakah terdapat pengaruh setelah diterapkannya Penerapan Tujuh Sunnah Harian Rasulullah terhadap etika siswa di SMA Muhammadiyah Toboali.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian regresi linier sederhana. Jenis penelitian ini ialah kausal komparatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui penggunaan angket skala likert, sementara teknik analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 25.0. Sampel penelitian ini terdiri dari 82 peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kategori penerapan tujuh sunnah harian Rasulullah di SMA Muhammadiyah Toboali secara umum sudah masuk di dalam kategori sedang dengan presentase 81%. Tingkat kategori etika siswa di SMA Muhammadiyah Toboali dapat dikagorikan dalam ketegori sedang dengan jumlah presentase kategori etika siswa sebesar 87.8% .idapatkan nilai thitung sebesar 9.467 dan nilai sig, sebesar 0,000. Pada derajat df = 82-2 = 80, Didapatkan hasil persamaan regresi linear sederhana dengan nilai konstanta a sebesar 40. 634 dan nilai konstanta b sebesar 0.79. dari hasil data didapatkan hasil nilai positif yang menyatakan arah hubungan searah, nilai t tabel yang didapatkan yaitu 1.664. Maka dapat disimpulkan bahwa rhitung >ttabel (9.467>1.664) dan nilai sig < 0,05 (0.000 <0,05). Dengan demikian hasil tabel di atas maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara penerapan tujuh sunnah harian Rasulullah (X) terhadap (Y) etika siswa di SMA Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: penerapan tujuh sunnah harian rasulullah; etika siswa
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nabilla Fratiwi
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:25
Last Modified: 15 Aug 2024 08:25
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item
View Item