Puspita Sari, Bunga (2019) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada anak Tunagrahita kelas 4 SDLB Negeri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1511026.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I _1511026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
BAB II_1511026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB)
BAB III_1511026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
BAB IV _1511026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
BAB V 1511026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
DAFTAR PUSTAKA 1511026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (99kB)
Abstract
Fokus penelitian ini berkenaan dengan strategi guru pendidikan agama Islam dalam penanaman karakter religius pada anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dan untuk memberikan informasi tambahan tentang faktor yang mempengaruhi penanaman karakter religius. Strategi guru dapat dimaknai sebagai perencanaan guru dalam kegiatan belajar mengajar yang dimana di dalamnya terdapat model, media, metode dan teknik pembelajaran. Karakter religius merupakan pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai yang berdasarkan agama yang membentuk kepribadian, sikap dan tingkah laku yang utama atau luhur dalam kehidupan
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang memandang objek sebagai sesuatu yang dinamis, dan mendeskriptifkan suatu fenomena-fenomena apa adanya. Metodelogi pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan pada 22 Oktober 2018 sampai dengan 17 Juli 2019. Hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat membantu guru dalam penanaman karakter religius pada anak tunagrahita
Berdasarkan hasil penelitian, guru menggunakan strategi melalui metode ceramah, tanya jawab dan pembiasaan dan faktor yang lebih dominan mempengaruhi penanaman karakter religius adalah faktor eksternal dari lingkungan keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru menemukan strategi dan metode dalam penanaman karakter religius pada anak tunagrahita dan dapat dijadikan evaluasi agar pihak sekolah selalu berusaha untuk membantu setiap perkembangan anak didik di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Karakter Religius; Strategi; Anak Tunagrahita |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 03:20 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 03:20 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/224 |