Evawani, Evawani (2019) Variasi metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Payung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1511040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1511040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
BAB II _1511040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB)
BAB III _1511040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
BAB IV _1511040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB)
BAB V _1511040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB)
DAFTAR PUSTAKA _1511040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
Abstract
Penggunaan variasi metode pembelajaran guru yang sesuai tentunya akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Pembelajaran hendaknya terdapat komunikasi dua arah yang baik antara guru dan siswa, yang menekankan keaktifan siswa. Akan tetapi dalam kenyataannya masih ada guru yang mengabaikan hal ini, utamanya berkenaan dengan penggunaan metode dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian mengenai kemampuan variasi metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Payung.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013 untuk kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Payung dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dari variasi metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013 untuk kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Payung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, dokumentasi, wawancara. Analisisnya dengan reduksi data, penyajian data menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat dideskripsikan yaitu dalam pelaksanaannya sudah berjalan sesuaidengan tujuan akan tetapi masih ada beberapa kekurangan yang disebabkan terbatasnya guru dalam melakukan variasi metode pembelajaran serta pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan variasi metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 yaitu, factor pendukung Motivasi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, seta media atau fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yaitu situasi atau kondisi yaitu terbatasnya seorang guru dalam menggunakan dua atau tiga metode, peserta didik yaitu guru tidak dapat menentukan karekteristik peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Variasi, Metode Pembelajaran Guru, |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:17 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/221 |