Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas penerapan penilaian Autentik terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toboali

Saputra, Willy (2024) Efektivitas penerapan penilaian Autentik terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman awal gabung.pdf] Text
Halaman awal gabung.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I_1811232.pdf] Text
BAB I_1811232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811232.pdf] Text
BAB II_1811232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811232.pdf] Text
BAB III_1811232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811232.pdf] Text
BAB IV_1811232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811232.pdf] Text
BAB V_1811232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1811232.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1811232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini akan dilakukan di SMA Negeri 1 Toboali yang beralamat di Jl. Puput, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Peneliti memilih lokasi ini dikarenakan sekolah tersebut sudah menerapkan penilaian autentik sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana efektivitas penilaian autentik terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toboali. Variabel-variabel ini diukur (menggunakan instrumen penelitian) sehingga data yang terdiri dari angka-angka dapat dianalisis berdasarkan prosedur statistik.

Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Variabel bebas yang diselidiki adalah penilaian autentik, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Hasil penelitian dari penyebaran angket mengenai penerapan penilaian autentik terdapat 6 peserta didik (9%) kategori baik, 34 peserta didik (54%) kategori cukup, 16 peserta didik (25%) kategori kurang dan 8 peserta didik (12%) kategori sangat kurang. Berdasarkan output hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toboali, peserta didik yang memperoleh nilai 82,23 yaitu 18 peserta didik berada pada interval (81) kategori baik. Penerapan penilaian autentik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toboali tergolong kategori cukup karena berada pada interval (61 – 66), sedangkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Toboali, tergolong dalam kategori baik karena berada pada interval (81). Maka dapat disimpulkan terdapat adanya efektivitas penerapan penilaian autentik terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toboali, dengan nilai thitung (to) 15,5 dan (ttabel) 1,55 maka to ≥ ttabel (15,5 ≥ 1,55) dapat disimpulkan Ho ditolak H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: penilaian autentik; hasil belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Willy Saputra
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:58
Last Modified: 01 Aug 2024 02:58
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item
View Item