Iqbal, Roihan (2024) Strategi guru PAI dalam menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama siswa di SD Negeri 7 Riau Silip Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (819kB)
BAB I_1911160.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB) | Request a copy
BAB II_1911160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
BAB III_1911160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (71kB) | Request a copy
BAB IV_1911160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
BAB V_1911160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911160.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pesat perkembangan teknologi teknologi informasi saat ini selain mebawa dampak positif juga membawa dampak negatif salah satunya intoleransi merupakan suatu sikap yang tidak menerima adanya perbedaan terutama berkaitan dengan kepercayaan atau praktik agama lain. Sikap intoleransi yang dulunya hanya terjadi di kalangan mayarakat kini mulai merambah di kalangan siswa-siswi sekolah. Di SD Negeri 7 Riau Silip Kabupaten Bangka terdiri dari berbagai jenis agama seperti Agama Islam, Konghuchu, Buddha, Kristen Protestan, Kriseten Katolik, dan Buddha. Adanya keberagaman tersebut maka Guru PAI memiliki tugas dan peran sangat penting dalam rangka menanamkan spirit, nilai, dan prinsip luhur moderasi beragama sedini mungkin, agar intoleransi di kalangan siswa-siswi ini tidak terjadi.
Penelitian ini untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama di kalangan siswa-siswi di SD Negeri 7 Riau Silip Kabupaten Bangka sekaligus faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, yaitu menghasilkan data deskriptif berupa informasi tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi berbasis analisis-interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi yang digunakan guru PAI dalam rangka menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama yaitu integrasi kurikulum, video-video pembelajaran, pemberian nasihat keagamaan, kegiatan PHBI di sekolah, dan penyampaian amanah ketika upacara bendera. Adapun faktor pendukungnya adalah edukasi dari orang tua siswa, dukungan dari kepala sekolah, kerja sama guru PAI dengan guru kelas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi guru pai; prinsip-prinsip moderasi beragama |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Roihan Iqbal |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:56 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:56 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2203 |