Supriyanti, Supriyanti (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915077_organized-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (356kB)
BAB I_1915077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB) | Request a copy
BAB II_1915077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (206kB) | Request a copy
BAB III_1915077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (271kB) | Request a copy
BAB IV_1915077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB) | Request a copy
BAB V_1915077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (35kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (36kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini berkaitan dari permasalahan yang ditemukan peneliti di lapangan fenomena yang ada di SMA Negeri 1 Kelapa yang menunjukan bahwa terdapat peserta didik yang memiliki minat belajar rendah. Minat belajar yang rendah ditunjukkan dengan terhambatnya proses pembelajarannya seperti memiliki keyakinan bahwa peserta didik tidak bisa mengatasi masalahnya, mengabaikan pelajaran matematika, dan individu tidak mampu mempertimbangkan keputusan dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran matematika peserta didik di SMA Negeri 1 Kelapa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan eksperimental design dengan bentuk one group pre-test–posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 70 peserta didik, yang menjadi sampel 10 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket skala likert, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji hipotesis dengan uji T yaitu Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata minat belajar pada pretest yaitu 109, menjadi 135 pada hasil rata-rata posttest. Hasil pada uji T 15.443 dengan taraf signifikan 0.00 < 0.05 berarti berpengaruh. Sedangkan nilai hipotesis yaitu sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar peserta didik SMA Negeri 1 Kelapa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | minat belajar; layanan bimbingan kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Supri yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:15 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2179 |