Anggelisa, Mutia (2024) Pengaruh konseling kelompok dengan teknik anger management dalam menurunkan perilaku agresif verbal peserta didik SMA Negeri 1 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (690kB)
BAB I_2015004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB) | Request a copy
BAB II_2015004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
BAB III_2015004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (442kB) | Request a copy
BAB IV_2015004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (397kB) | Request a copy
BAB V-2015004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berangkat dari maraknya peserta didik yang melakukan perilaku agresif verbal seperti mengumpat, memaki, melawan, mengejek, bahkan menghina gurunya sendiri. Pemberian layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling sepertinya belum menunjukkan hasil yang baik. Oleh sebab itu, peneliti melakukan kolaborasi dengan guru BK untuk membantu peserta didik memperbaiki perilaku mereka. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh konseling kelompok dengan teknik anger management dalam menurunkan perilaku agresif verbal.
Sehubungan dengan tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain quasi experiment dengan tipe nonequivalent control grup design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Adapun data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis independent sampel T-Test dengan dibantu program SPSS 26.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji independent sample T-Test, dikatahui bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0,000 < 0,005). Hasil Ini menegaskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut membuktikan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik anger management memiliki pengaruh dalam menurunkan perilaku agresif verbal peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Toboali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling kelompok; teknik anger management; perilaku agresif verbal; peserta didik; quasi experiment |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Mutia Anggelisa |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:10 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 06:10 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2170 |