Rosana, Nadya (2024) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan dan gerakan sholat wajib anak kelas 1 SD Negeri 22 Mendo Barat Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (937kB)
BAB I_1811131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (250kB) | Request a copy
BAB II_1811131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (437kB) | Request a copy
BAB III_1811131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (175kB) | Request a copy
BAB IV_1811131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (182kB) | Request a copy
BAB V_1811131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (36kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini didasari strategi guru PAI meningkatkan kualitas bacaan dan gerakan sholat wajib antara lain peserta didik masih ramai sendiri dan sambil bermain-main dengan temannya. bahwa kondisi peserta didik dalam menerima materi sholat wajib yang dijelaskan oleh guru banyak peserta didik yang tidak memperhatikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan dan gerakan sholat wajib pada Anak kelas 1 SD Negeri 22 Mendo Barat.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang memandang objek sebagai sesuatu yang dinamis, dan mendeskripsikan suatu fenomena apa adanya. Peneliti mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi serta dalam teknik analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan dan gerakan sholat wajib pada anak kelas 1 mempunyai tiga strategi yang dibagi dalam 3 pertemuan. Pertemuan pertama guru menjelaskan dan memperagakan secara langsung gerakan dan bacaan sholat lalu dikuti oleh peserta didik. Pada pertemuan kedua guru menggunakan media poster gambar gerakan dan bacaan sholat dan pada pertemuan ketiga peserta didik menggunakan media vidio. Untuk pembelajaran praktik sholat menggunakan vidio. (2) faktor pendukung guru dalam mempraktikkan bacaan dan gerakan sholat wajib adanya dorongan orang tua yang memberikan contoh teladan untuk anak. Adanya dukungan dari pihak sekolah dan lingkungan teman sebaya. Faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana disekolah tidak mempunyai ruangan khusus seperti mushola, pengaruh teman yang mengajak ngobrol dan kurang tegasnya orang tua terhadap anak yang tidak melaksanakan sholat wajib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi guru;bacaan; gerakan sholat wajib |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nadya Rosana |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:53 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:53 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2164 |