Rahmadhini, Rizqi (2024) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Sabiilul Muhtadin Jada Bahrin kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (456kB) | Request a copy
BAB II_1911156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (592kB) | Request a copy
BAB III_1911156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (747kB) | Request a copy
BAB IV_1911156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB) | Request a copy
BAB V_1911156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (396kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Diambilnya penelitian ini berdasarkan permasalahan yang berawal dari kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak, dimana peserta didik kurang aktif dalam menjawab pertanyaan ketika guru bertanya mengenai materi, serta adanya sedikit keributan pada awal pembelajaran sehingga membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Sabiilul Muhtadin Jada Bahrin Kabupaten Bangka.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik analisis berbentuk analisis deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan berbentuk angket yang dibagikan kepada sampel yakni seluruh peserta didik kelas XI. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan pengujian regresi linear sederhana dengan bantuan melalui program SPSS versi 24.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi pedagogik guru terhadap variabel motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung yaitu 8.102 dengan ttabel = 2.018 maka 8.102 > 2.018 maka Ha diterima, H0 ditolak. Pada uji regresi linear sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000, yang mana 0.000 < 0.05, maka hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kompetensi pedagogik; motivasi belajar; pembelajaran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rizqi Rahmadhini |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:40 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2129 |