Sopiya, Sopiya (2024) Impelementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Simpang Teritip Kab. Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (448kB)
BAB I_1911190,.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (302kB) | Request a copy
BAB II_1911190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (450kB) | Request a copy
BAB III_1911190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
BAB IV_1911190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB V_1911190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (131kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kita untuk bersikap toleransi. Guru sebagai pendidik yang membimbing, mengajar, menilai dan mengevaluasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendidikan Agama Islam peserta didik melakukan proses pembelajaran dengan guru dengan tercapainya tujuan. Tujuan pendidikan yaitu suatu yang diharapkan tercapainya suatu usaha dalam kegiatan pembelajaran salah satunya untuk meningkatkan penanaman toleransi bagi peserta didik. Toleransi adalah sikap saling menghargai setiap perbedaan yang ada diantara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya. Toleransi yang terciptanya saling menghargai dan mengormati antara agama satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Simpang Teritip 2) mendeskripsikan implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Simpang Teritip.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Dimana peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, sesuai dengan rumusan masalah yang sudah disusun. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Milles dan Huberman yang terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terdapat tiga nilai dalam toleransi. Yaitu menghargai dan memahami agama lain, menghormati keyakinan simbol kesucian agama lain, bekerjasama dengan pemeluk agama lain dan keragaman umat Islam dan toleransi intern umat beragama. Kemudian dalam mengimplementasikan nilai-nilai toleransi terdapat dua tahapan yaitu tahapan perencanaan dan tahapan pelaksanaan. Bentuk-bentuk toleransi yaitu, pembiasaan pada siswa dan guru untuk menerapkan 3 S (salam, senyum, sapa), gotong royong, dan ikut serta dalam kegiatan keagamaan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | toleransi; guru |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sopiya Candra |
Date Deposited: | 30 May 2024 05:20 |
Last Modified: | 30 May 2024 05:20 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2115 |