Sasmita, Nupi (2019) Dampak penggunaan mobile games terhadap perkembangan sosial anak usia 3 sampai 5 tahun di rt 09 rw 02 Kelurahan Semabung Lama Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1212031.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I _1212031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
BAB II _1212031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
BAB III _1212031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (365kB)
BAB IV _1212031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (383kB)
BAB V _1212031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (44kB)
DAFTAR PUSTAKA _1212031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
Abstract
Mobile games yaitu game yang dapat dimainkan atau khusus mobile phone atau PDA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan mobile games dan perkembangan sosial anak usia 3 sampai 5 tahun, dan untuk mengetahui dan menganalisis dampak penggunaan mobile games terhadap perkembangan sosial anak usia 3 sampai 5 tahun di RT 09 RW 02 Kelurahan Semabung Lama Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui, angket, dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode analisa kolerasional atau bisa disebut dengan penelitian korelasi serta metode uji regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mencari bukti terdapat tidaknya hubungan (korelasi) antarvariabel, bila sudah ada hubungan, untuk melihat tingkat keeratan hubungan antarvariabel, serta untuk memperoleh kejelasan dan kepastian apakah hubungan tersebut berarti (meyakinkan/signifikan) atau tidak berarti (tidak meyakinkan).
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan mobile games dan perkembangan sosial anak usia 3 sampai 5 di RT 09 RW 02 Kelurahan Semabung Lama Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang tergolong sedang dengan persentase 82,76% dan 58,62%. Angka R square atau koefisien determinasi R2 = 0,068 X 100%= 6,8% artinya variasi pada variabel perkembangan sosial anak usia 3 sampai 5 tahun bisa dipengaruhi oleh penggunaan mobile games sebesar 6,8% dan sisanya 93,2% diperkirakan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan sebagai variabel independent. Berdasarkan uji koefisien korelasi didapat nilai t hitung pada penggunaan mobile games sebesar 1,403 sedangkan t tabel dengan db 27 taraf signifikansi 0,05 diperoleh 0,3673 karena t hitung 1,403 > t tabel 0,3673 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan ada dampak yang signifikan antara penggunaan mobile games terhadap perkembangan sosial anak usia 3 sampai 5 tahun. Sedangkan nilai sig. pada tabel B adalah 0,172 yang berarti nilai probabilitas 0,228, karena probabilitas lebih dari 0,05 maka ditolak artinya B berarti dan model regresi prediksinya yaitu Y = 81,602.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Dampak; Mobile Games; Perkembangan Sosial; Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 05:06 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 05:06 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/199 |