Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang

Tari, Maulan (2019) Strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1512028.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1512028.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I _ 1512028.pdf] Text
BAB I _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[thumbnail of BAB II _ 1512028.pdf] Text
BAB II _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of BAB III _ 1512028.pdf] Text
BAB III _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of BAB IV _ 1512028.pdf] Text
BAB IV _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[thumbnail of BAB V _ 1512028.pdf] Text
BAB V _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _ 1512028.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)

Abstract

Anak usia 4-5 tahun merupakan usia yang perlu dikembangkan dalam mengenalkan huruf. Oleh karena itu perlu strategi pembelajaran pada anak usia dini menggunakan berbagai metode salah satunya. Namun pendidikan anak usia dini 4-5 tahun kenyataannya masih belum mengenal huruf, salah satunya anak usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: Pertama, bagaimana strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan anak pada usia 4-5 tahun kelompk A di PAUD Aulia Pangkalpinang. Kedua, faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi anak dalam mengenalkan huruf alfabet di PAUD Aulia Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang di analisis secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang yaitu: dilaksanakan dengan mempersiapkan kegiatan pembelajaran. Mengenalkan huruf alfabet yang dituang dalam RPPM, RPPH, PROSEM dan PROTA agar perkembangannya dapat berkembang dengan baik. Serta cara guru mengenalkan huruf yaitu dengan cara mulai dari nama anak, belajar dari objek yang familiar yang ada disekitar, membaca buku cerita, tempel alfabet di dinding, bernyanyi lagu alfabet serta menulis huruf satu persatu. Serta penggunaan media laptop mainan dapat meningkatkan aspek perkembangan yaitu perkembangan kognitif, bahasa, sosial emosional dan motorik halus pada anak. Kedua hasil strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang anak dalam mengenalkan huruf alfabet di PAUD Aulia Pangkalpinang yaitu dapat diketahui dari tahap perencanaan dan tahap pelaksanaannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi guru; Mengenalkan huruf; Media Laptop Mainan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Esti Kurniawati
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:31
Last Modified: 01 Mar 2023 08:31
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item