Tari, Maulan (2019) Strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1512028.pdf
Download (1MB)
BAB I _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (287kB)
BAB II _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB)
BAB III _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
BAB IV _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (373kB)
BAB V _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
DAFTAR PUSTAKA _ 1512028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
Abstract
Anak usia 4-5 tahun merupakan usia yang perlu dikembangkan dalam mengenalkan huruf. Oleh karena itu perlu strategi pembelajaran pada anak usia dini menggunakan berbagai metode salah satunya. Namun pendidikan anak usia dini 4-5 tahun kenyataannya masih belum mengenal huruf, salah satunya anak usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: Pertama, bagaimana strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan anak pada usia 4-5 tahun kelompk A di PAUD Aulia Pangkalpinang. Kedua, faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi anak dalam mengenalkan huruf alfabet di PAUD Aulia Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang di analisis secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang yaitu: dilaksanakan dengan mempersiapkan kegiatan pembelajaran. Mengenalkan huruf alfabet yang dituang dalam RPPM, RPPH, PROSEM dan PROTA agar perkembangannya dapat berkembang dengan baik. Serta cara guru mengenalkan huruf yaitu dengan cara mulai dari nama anak, belajar dari objek yang familiar yang ada disekitar, membaca buku cerita, tempel alfabet di dinding, bernyanyi lagu alfabet serta menulis huruf satu persatu. Serta penggunaan media laptop mainan dapat meningkatkan aspek perkembangan yaitu perkembangan kognitif, bahasa, sosial emosional dan motorik halus pada anak. Kedua hasil strategi guru dalam mengenalkan huruf alfabet melalui media laptop mainan edukasi pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aulia Pangkalpinang anak dalam mengenalkan huruf alfabet di PAUD Aulia Pangkalpinang yaitu dapat diketahui dari tahap perencanaan dan tahap pelaksanaannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi guru; Mengenalkan huruf; Media Laptop Mainan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 08:31 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:31 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/198 |