Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk pembiayaan murabahah terhadap kepuasan nasabah : Studi pada BPRS Bangka Belitung Kantor Cabang Muntok

Suka, Alim Barkah (2024) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk pembiayaan murabahah terhadap kepuasan nasabah : Studi pada BPRS Bangka Belitung Kantor Cabang Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1831152.pdf] Text
Halaman Awal_1831152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1831152.pdf] Text
BAB I_1831152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1831152.pdf] Text
BAB II_1831152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1831152.pdf] Text
BAB III_1831152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1831152.pdf] Text
BAB IV_1831152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1831152.pdf] Text
BAB V_1831152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1831152.pdf] Text
Daftar Pustaka_1831152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Kualitas pelayanan dan kualitas produk merupakan salah satu hal yang utama untuk mendapatkan kepuasan dari nasabah. Salah satu wujud dari kualitas pelayanan dan kualitas produk adalah dengan cara memberikan layanan serta produk yang baik kepada nasabah sehingga nasabah juga mendapatkan kepuasan. Kepuasan dalam pelayanan dan produk dapat melahirkan kepercayaan nasabah sehingga dapat meningkatkan rasa puas nasabah kepada bank itu sendiri. Dalam hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Pembiayaan Murabahah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada BPRS Bangka Belitung Cabang Muntok).

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif primer. Lokasi penelitian ini berada di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Muntok dengan populasi berjumlah 1.357 dan diambil sampel sebanyak 94 responden. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada responden untuk mengumpulkan jawaban dari responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kualitas pelayanan dan kualitas produk pembiayaan murabahah terhadap kepuasan nasabah (studi pada BPRS Bangka Belitung Cabang Muntok) sebesar 24,1%. Hasil penelitian secara parsial menunjukan Variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), dengan indikator nilai thitung > ttabel yaitu 2,741 > 1,661771, atau jika melihat nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05, dan variable kualitas produk (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), dengan indikator nilai thitung > ttabel yaitu 2,050 > 1,661771, atau jika melihat nilai signifikansi sebesar 0,043 > 0,05. Jika dilihat secara simultan dari penelitian ini Variabel kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y), dengan indicator nilai Fhitung > Ftabel yaitu 14,465 > 3,096553.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kualitas pelayanan: kualitas produk: kepuasan nasabah.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Suka Alim Barkah
Date Deposited: 13 May 2024 04:30
Last Modified: 13 May 2024 04:30
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item
View Item