Ardina, Ardina (2019) Implementasi metode bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Pelangi Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1512004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_ 1512004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (314kB)
BAB II_1512004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (292kB)
BAB III_1512004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
BAB IV_1512004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
BAB V_1512004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB)
DAFTAR PUSTAKA_1512004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
Abstract
Fokus penelitian ini berkenaan dengan metode bernyanyi dan perkembangan bahasa anak. Perkembangan bahasa anak agak terlambat dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan efektif, gurunya kurang memiliki kompetensi di bidangnya, tenaga pengajarnya banyak yang bukan lulusan PAUD, gurunya kurang memiliki sifat inovasi dalam pembelajaran, siswanya kurang berminat dan lambat dalam menerima pembelajaran yang diberikan gurunya. Hal ini terlihat pada kegiatan-kegiatan bercakap-cakap, tanya jawab, dan bercerita, dan juga dalam kegiatan bernyanyi pun anak masih kurang dalam pembendaharaan kata berbahasa. Dilihat dari sisi lain bahwa metode bernyanyi ini merupakan metode yang sangat baik untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi metode bernyanyi dalam menegembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Pelangi Pangkalpinang dan untuk menjelaskan hasil implementasi metode bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Pelangi Pangkalpinang
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researeh) yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan yaitu tahap pelaksanaan selama proses pembelajaran berlangsung melalui kegiatan awal dengan bernyanyi, kegiatan tambahan menyimak lagu, dan kegiatan pengembangan dalam mengenal lagu, tahap tindak lanjut merupakan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan kepada pemahaman lebih luas dan mendalam dan lagu-lagu yang merangsang perkembangan bahasa anak seperti lagu bapak tani punya kandang dan aku berjalan. Dan dapat meningkatkan perkembangan anak dalam menyimak lagu, berbicara dalam membiasakan anak untuk bernyanyi sebelum belajar, membaca sambil bernyanyi lagu-lagu yang didengar dan menulis sambil bernyanyi huruf alfabet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Bernyanyi; Perkembangan Bahasa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:17 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 03:31 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/187 |