Amiati, Amiati (2024) Implementasi bimbingan Al-Qur’an dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di TPA Al-Istiqomah Dusun Penganak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2021008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2021008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (465kB)
BAB II_2021008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
BAB III_2021008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (545kB)
BAB IV_2021008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (564kB)
BAB V_2021008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (272kB)
Daftar Pustaka_2021008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (400kB)
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini memiliki latar belakang minat membaca santri di TPA Al-Istiqomah terbilang sangat rendah terutama dalam mengenal makhorijul dan tajwid. Oleh karena itu pendekatan yang tepat oleh para ustadzah dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di TPA Al-Istiqomah dusun penganak. Metode dan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber primer dalam penelitiian ini adalah santri, ustadzah dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi
Hasil penelitian ini adalah implementasi bimbingan Al-Qur’an dalam meningkatkan minat membacaAl-Qur’an seperti mengadakan bimbingan baca Al-Qur’an melalui kegiatan bacatulis Qur’an, mewajibkan santri membaca Al-Qur’an yaitu surat-surat pendek sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dan menjelaskan keutamaan dalam membaca Al-Qur’an, adapun faktor penghambat dalam strategi bimbingan islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di TPA Al-Istiqomah yakni, faktor internal berupa minat membaca Al-Qur’an, bakat, intelegensi, tingkat pendengaran dan penglihatan dan faktor eksternal yakni, guru, kurikulum dan lingkungan masyarakat.
Kesimpulan ini adalah perubahan yang ada pada diri santri yang dimana minat dalam membaca Al-Qur’an sudah mulai meningkat dan santri sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, dengan diterapkan strategi di TPA Al-Istiqomah ini membantu para ustadzah dalam melakukan pendekatan kepada santri yang ada di sana sehingga kemampuan, pembelajaran yang interaktif ini menciptakan pengelaman belajar yang lebih menyenangkan sehingga menjadikan proses pembelajaran Al-Qur’an lebih mendalam dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; bimbingan; minat; membaca; al-qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Amiati Amiati |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:24 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1856 |