Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh persepsi, strategi promosi dan lokasi terhadap minat masyarakat Sekecamatan Mendo Barat menjadi nasabah Bank Syariah

Adawiah, Adawiah (2023) Pengaruh persepsi, strategi promosi dan lokasi terhadap minat masyarakat Sekecamatan Mendo Barat menjadi nasabah Bank Syariah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1931001.pdf] Text
Halaman Awal_1931001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I_1931001.pdf] Text
BAB I_1931001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1931001.pdf] Text
BAB II_1931001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1931001.pdf] Text
BAB III_1931001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1931001.pdf] Text
BAB IV_1931001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1931001.pdf] Text
BAB V_1931001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1931001.pdf] Text
Daftar Pustaka_1931001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Istilah Bank adalah istilah yang sudah populer di kalangan masyarakat. Akan tetapi pengetahuan dari sebagian masyarakt masih sangat terbatas apalagi mengenai bank syariah. keberadaan bank syariah di Indonesia masih sangat terbatas dibandingkan dengan bank konvensional. Khusunya di wilayah Kecamatan Mendo Baratbelum adanya fasilitas bank syariah. sehingga menimbulkan persepsi yang beragam tentang bank syariah. perbedaan tersebut di sebabkan karena rendahnya pemahaman atau pengetahuan masyarakat tentang bank syariah, jarak akses yang jauh untuk menjangkau bank syariah serta kurang meratanya fasilitas perbankan syariah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Persepsi, strategi promosi dan lokasi berpengaruh terhadap minat masyarakat Sekecamatan Mendo Barat menjadi nasabah bank syariah.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 9,171 peneliti menggunakan metode purposive sampling penentuan sampel menggunakan kuisioner yang akan disebar kepada 383 responden, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, serta uji hipotesis berupa uji t, uji f, uji koefisien determinasi,. Dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 26.0

Hasil penelitian ini persepsi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah karena nilai signifikansinya lebih besar dari pada tingkat signifikansi 5% (a = 0,05). Dengan sig 0,203 > 0,05 dan thitung 1,276 < 1,966, strategi promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah dikarenakan nilai sig lebih kecil dari nilai tingkat singnifikansi 5% (a = 0,05), dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung 7,970 > 1,966, variabel Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah dikarenakan nilai sig lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi 5% (a = 0,05). Dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung 3,579 > dari 1,966 . pada uji simultan maka diperoleh nilai signifikansi untuk pengaruh persepsi (X1), Strategi Promosi (X2), Lokasi (X3) terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syariah (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,5 dan Fhitung 23,538 > Ftabel 2,62. Hal tersebut membuktikan bahwa Ho4 ditolak dan Ha4 diterima. Artinya variabel X1, X2, X3 berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: persepsi; strategi promosi; lokasi; minat; bank syariah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Adawiah Adawiah
Date Deposited: 06 May 2024 07:55
Last Modified: 06 May 2024 07:55
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item
View Item