Selvi, Meti (2024) Metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (584kB)
BAB I_1911102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (488kB) | Request a copy
BAB II_1911102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (519kB) | Request a copy
BAB III_1911102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (287kB) | Request a copy
BAB IV_1911102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (513kB) | Request a copy
BAB V_1911102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (155kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih adanya santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja yang kesulitan membaca dan memahami isi kitab kuning karena belum menguasai nahwu-sharaf. Ada beberapa metode yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja dalam pembelajaran kitab kuning yaitu metode bandongan, sorogan dan hafalan. Di antara ketiga metode tersebut sorogan adalah metode yang paling sering digunakan oleh para ustaz/ustazah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sorogan dan untuk mengetahui bagaimana kelemahan dan kelebihan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Kecamatan Mendo Barat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Informannya adalah Ustaz sebanyak 5 orang dan santri sebanyak 6 orang. Kemudian untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Kecamatan Mendo Barat terdapat dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Kemudian untuk kelebihan metode sorogan dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Kecamatan Mendo Barat yaitu Ustaz dapat mengawasi, menilai, dan membimbing secara langsung kemampuan santrinya dalam menguasai bahasa Arab dan maknanya sehingga Ustaz dapat mengetahui secara pasti kualitas yang telah dicapai oleh santrinya. sedangkan kelemahan dalam menggunakan metode sorogan yaitu waktunya yang terbatas dan murid merasa bosan karena metode ini menuntut kesabaran, ketaatan dan kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode sorogan; membaca kitab kuning; pondok pesantren |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Meti Selvi |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:17 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1757 |