Agustina, Nurulita (2024) Penerapan pembiasaan tadarus Al-Qur’an dan implikasinya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (845kB)
BAB I_1911126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
BAB II_1911126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (376kB) | Request a copy
BAB III_1911126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (128kB) | Request a copy
BAB IV_1911126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (333kB) | Request a copy
BAB V_1911126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (87kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911126.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak sekali orang yang belum bisa membaca, memahami al-Qur’an, dan mengaplikasikan makna al-Qur’an dengan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dikarenakan pemenuhan kebutuhan pendidikan belum mencapai kualitas yang baik. Dan bagaimana implikasi tadarus al-Qur’an terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Jebus ini. Karakter religius adalah sikap yang mencerminkan perilaku keagamaan yang dianut seseorang yang terdiri dari akidah, ibadah, serta akhlak yang ada dalam diri yang memiliki tujuan kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat. Penelitian ini juga mendeskripsikan pembahasan penerapan pembiasaan Tadarus al-Qur’an dan implikasinya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Jebus.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sehingga dalam penyajian data yang digunakan berupa teks naratif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Peserta Didik. Data sekunder berupa buku, artikel, dan jurnal penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan teknik menurut Miles and Huberman yaitu meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapan pembiasaan tadarus al-Qur’an di SMP Negeri 1 Jebus, dilaksanakan setiap minggu, yaitu pada hari rabu. Sistem pelaksanaan juga berbeda-beda, menyesuaikan ketentuan dari masing-masing kelas. Dan selalu diawasi guru dalam pelaksanaannya. Dari pembiasaan tadarus al-Qur’an ini dapat dilihat bahwa berimplikasi terhadap pembentukan karakter religius peserta didik yang meliputi: Bertambahnya ketaatan, semakin bersyukur, terlihat lebih ikhlas dan sabar, menumbuhkan sikap tawakal dan qanaah, menanamkan sifat jujur, membentuk rasa tanggung jawab, serta memperkuat rasa hormat kepada orang lain/saling menghormati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembiasaan; tadarus al-qur’an; karakter religius; peserta didik |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nurulita Agustina |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 04:24 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 04:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1753 |