Alvenia, Susan (2024) Penerapan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII di SMPN 4 Simpang Teritip Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911199.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911199.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (517kB) | Request a copy
BAB II_1911199.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (886kB) | Request a copy
BAB III_1911199.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
BAB IV_1911199.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (737kB) | Request a copy
BAB V_1911199.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911199.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Metode Qiroati adalah praktek membaca Al-Qur’an secara tajwidi yang cukup sederhana dan setiap pembaca ditekankan sedikit demi sedikit, tidak boleh pindah sampai benar-benar lancar dan tartil.
Penelitian ini ingin mendalami: (1) bagaimana metode Qiroati diterapkan pada siswa kelas VII di SMPN 4 Simpang Teritip Bangka Barat, dan (2) Bagaimana hasil penerapan metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an pada kelas VII di SMPN 4 Simpang Teritip Bangka Barat. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode yang digunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun narasumber peneliti ialah kepala sekolah, guru PAI, wali kelas dan peserta didik kelas VII dengan jumlah 47 siswa, perempuan 25 dan laki-laki 22 yang ada di lingkungan SMPN 4 Simpang Teritip Bangka Barat.
Temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Qiroati dalam pembelajaran Al- Qur’an dengan melalui tiga tahapan: pertama perencanaan, kedua pelaksanaan, ketiga evaluasi/penilaian. Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelas VII di SMPN 4 Simpang Teritip Bangka Barat setelah diterapkan metode Qiroati ini sudah lebih baik, dapat dilihat dari meningkatnya peserta didik yang mampu membaca secara Tartil terdapat 28 peserta didik, yang mampu membaca tajwid ada 14 peserta didik dan yang baru mengenal huruf hijaiyah ada 5 peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | membaca al-qur’an; metode qiroati |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Susan Alvenia |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:07 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:07 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1747 |