Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs An-Najah Petaling

Wahidah, Yaslin (2024) Pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs An-Najah Petaling. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911226.pdf] Text
Halaman Awal_1911226.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB)
[thumbnail of BAB I_1911226.pdf] Text
BAB I_1911226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911226.pdf] Text
BAB II_1911226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911226.pdf] Text
BAB III_1911226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911226.pdf] Text
BAB IV_1911226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911226.pdf] Text
BAB V_1911226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911226.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911226.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian terhadap kompetensi pedagogik guru
terutama dalam kemampuan mengelola kelas, bahwa guru kurang maksimal untuk mengelola kelas pada saat pembelajaran, kemudian kegiatan membaca Al-Qur’an dilaksanakan dalam waktu 1 minggu sekali yakni tepatnya pada hari Senin siswa kelas VIII yang belum sepenuhnya lancar membaca Al-Qur’an disebabkan beberapa faktor diantaranya jam pelajaran Al-Qur’an Hadits terbatas, kurang adanya minat dan motivasi siswa serta pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an dirumah

Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menguji teori-teori tertentu dengan meneliti keterkaitan antar variabel. Lokasi penelitian ini di Mts An-Najah Petaling. Proses pengambilan data dua variabel menggunakan angket tertutup dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs An-Najah Petaling memiliki tingkat dengan kategori cukup diketahui sebanyak 34 responden dengan persentase 65,4% dari 52 siswa yang menyatakan bahwa tingkat kemampuan membaca Al-Qur'an siswa dalam kategori cukup (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Al-Qur'an hadits terhadap kemampuan membaca Al- Qur'an Siswa kelas VIII di MTs An-Najah Petaling, diketahui nilai R Square 0,412 jadi pengaruhnya sebesar 41,2% dan sisanya 58,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dengan nilai koefisien korelasi pearson sebesar 0,642.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kompetensi pedagogik guru; al-qur’an hadits; kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Yaslin Yaslin
Date Deposited: 06 May 2024 06:11
Last Modified: 06 May 2024 06:11
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item
View Item