Febliyana, Tiara (2024) Syarat kemampuan mengajar dalam kegiatan amaliyah tadris di Pondok Pesantren Uwais Al-Qorni Tempilang Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911207.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (639kB)
BAB I_1911207.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB II_1911207.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB III_1911207.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (142kB) | Request a copy
BAB IV_1911207.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB) | Request a copy
BAB V_1911207.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911207.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kegiatan program amaliyah tadris di Pondok Pesantren Uwais Al-Qorni Tempilang agar para santri menjadi lebih mengenal dan memahami kompetensi seorang pendidik sehingga dapat mempersiapkan untuk masa mendatang. Kemampuan guru dalam mengelola kelas adalah salah satu ukuran kemampuan profesional mereka. Dengan demikian, calon guru dan guru perlu dibekali ilmu tentang profesi serta profesionalisasi, dan manajemen kelas. Oleh karena itu, dalam upaya menumbuh kembangkan kompetensi santri, santri dituntut untuk menjadi guru yang profesional, mereka dilatih agar dapat menguasai 4 kompetensi guru dengan baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Milles dan Huberman yang terdapat tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan kegiatan amaliyah tadris dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan penutup, kemudian evaluasi. Syarat yang harus dipenuhi santri sebelum melakukan amaliyah tadris salah satunya membuat i’dad, berpenampilan rapi, menggunakan bahasa Arab selama praktik berlangsung dalam waktu 45 menit. Memiliki tujuan salah satunya untuk menjadikan para santri lebih mengenal dan memahami kompetensi seorang pendidik sehingga pendidik dapat mempersiapkan untuk masa mendatang. Faktor penghambatnya yaitu faktor internal seperti kesiapan mental santri dan faktor eksternal seperti keterbatasan fasilitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan mengajar; amaliyah tadris |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Tiara Febliyana |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:00 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:00 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1730 |