Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi metode talqin dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas IV di MIN 2 Pangkalpinang

Ramadhina, Tiara (2024) Implementasi metode talqin dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas IV di MIN 2 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911208.pdf] Text
Halaman Awal_1911208.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (823kB)
[thumbnail of BAB I_1911208.pdf] Text
BAB I_1911208.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911208.pdf] Text
BAB II_1911208.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911208.pdf] Text
BAB III_1911208.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911208.pdf] Text
BAB IV_1911208.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911208.pdf] Text
BAB V_1911208.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911208.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911208.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Implementasi metode talqin merupakan cara guru tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik, khususnya kelas IV di MIN 2 Pangkalpinang. Hal ini dikarenakan masih banyak peserta didik yang sulit menghafal karena masih banyak peserta didik yang belum lancar membaca Al- Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode talqin dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas IV di MIN 2 Pangkalpinang, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode talqin dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas IV di MIN 2 Pangkalpinang.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian field research yang sumber datanya didapatkan langsung dari pengamatan di lapangan terhadap objek yang ingin diteliti guna mendapatkan data secara relevan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari melakukan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.

Hasil yang didapatkan dari wawancara dan observasi di lapangan tentang implementasi metode talqin pada hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas IV di MIN 2 Pangkalpinang adalah guru tahfidz mencontohkan bacaan hafalan Al-Qur’an, lalu mengevaluasi bacaan hafalan Al-Qur’an peserta didik, melakukan pemenggalan (pemotongan) ayat-ayat Al-Qur’an yang panjang, dan melakukan muraja’ah terhadap hafalan Al-Qur’an peserta didik. Adapun faktor pendukung metode talqin yang diterapkan di MIN 2 Pangkalpinang ialah adanya peran orang tua dari peserta didik dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an di rumah, selain dari sekolah, kecerdasan (minat dan bakat) dari peserta didik sendiri dalam menghafal Al- Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang serius/kurang fokus peserta didik dalam mendengarkan bacaan hafalan ayat Al-Qur’an, keberagamaan kemampuan masing-masing dari peserta didik, serta kurangnya motivasi dan semangat dari sebagian peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode talqin;menghafal al-qur’an;peserta didik
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.3 Ibadah Agama Islam
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Tiara Ramadhina
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:44
Last Modified: 04 Mar 2024 07:44
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item
View Item