Andira, Ayu (2024) Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan resiliensi akademik peserta didik SMA Negeri 4 Pangkal Pinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (868kB)
BAB I_2015001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (233kB) | Request a copy
BAB II_2015001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB) | Request a copy
BAB III_2015001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB) | Request a copy
BAB IV_2015001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (224kB) | Request a copy
BAB V_2015001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (35kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2015001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu banyaknya peserta didik yang belum mampu bertahan dalam menghadapi segala tekanan akademik atau hampir menyerah, seperti tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan lainnya. Salah satu faktor dari semua itu karena belum bisa mengatur waktu keseharian dengan baik dan juga pertahanan dalam dirinya yang rendah sehingga berpikir negatif dan berakhir dengan menyerah, kondisi ini membuatnya sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun sampelnya yaitu 10 peserta didik dari kelas X2 dan X6 yang masuk dalam kategori rendahnya resiliensi akademik. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner resiliensi akademik dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t test.
Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu efektif didukung oleh data hasil uji hipotesis dengan paired sample t test yang menunjukkan bahwa Ttabel < Thitung yaitu 2,262 < 21,260 dan bersignifikan 0,000 < 0,005. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat keefektivan yang signifikan dalam layanan konseling kelompok melalui teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan resiliensi akademik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling kelompok; cognitive restructuring; resiliensi akademik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ayu Andira |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 06:00 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 06:00 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1714 |